Jakarta - Bagi sebagian pihak, teknologi komputasi awan mungkin dianggap hanya cocok diimplementasikan bagi perusahaan berskala besar. Padahal tidak demikian adanya, sekelas usaha kecil dan menengah (UKM) pun bisa.

"Komputasi awan bukan hanya untuk perusahaan kelas enterprise. UKM juga bisa menerapkan dan mendapatkan manfaatnya," kata Edwin Lim, Country Manager VMware Indonesia.

VMware pun coba membuktikannya dengan mengusung kerjasama dengan Hewlett-Packard untuk menunjang layanan komputasi awan ini.

"Lewat kerjasama inilah kami membuat akses UKM ke komputasi awan menjadi lebih mudah, khususnya bagi UKM di Indonesia yang menjadi roda penggerak ekonomi," tukas Edwin, dalam keterangannya, Minggu (27/6/2010).

HP dan VMware menjalin kerja sama untuk menyediakan solusi storage, desktop dan koneksi terintegrasi guna mempercepat penyebaran dan mencapai tingkat ketersediaan tinggi dengan biaya yang diklaim lebih rendah.

Penawaran ini akan membantu para pelanggan menggelar solusi virtualisasi dalam kerangka kerja infrastruktur yang terkonvergensi dan mempercepat transformasi data center sehingga siap menerapkan komputasi awan.

Kerja sama kedua perusahaan ini diumumkan pada konferensi HP Techforum 2010 di Las Vegas, Amerika Serikat. "Konvergensi storage, jaringan, server dan storage ke dalam satu infrastruktur awan ini akan mengubah secara fundamental bagaimana data center dibangun," kata Andrew Dutton, Vice President & General Manager VMware untuk Asia Pasifik dan Jepang.

Solusi HP-VMware ini mencakup komputasi awan vSphere, piranti SAN virtual, arsitektur referensi untuk desktop virtual berbasis VMware View skala besar, awan terintegrasi kelas enterprise untuk sumber daya storage dan komputasi di atas VMware vSphere dan HP StorageWorks, serta solusi koneksi SAN-LAN untuk membantu konvergensi dan simplifikasi infrastruktur.
(dikutip dari: www.detiknet.com)

0 komentar:

Posting Komentar

.